WELCOME

SELAMAT DATANG

Selasa, 21 Januari 2014

DAFTAR UKM DI IBI DARMAJAYA

 
Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Moto
ONE STEP AHEAD TOWARD GLOBALIZATION
Didirikan5 Juni 1997
Ketuadr. Hj. Yoenidar Karim Alfian
RektorDR. Andi Desfiandi, S.E., M.A.
Mahasiswa4.658 orang (data tahun 2012)
LokasiBandar Lampung, lampung
WarnaBiru Dongker
Situs webhttp://www.darmajaya.ac.id
Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (disingkat IBI Darmajaya) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Institut ini berdiri pada 05 Juni 1997 dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Alfian Husien

Daftar isi

Sejarah
Berawal dari niat dan ketulusan hati serta dukungan penuh dari istri tercinta, seorang putra asal Lampung, Hi. Alfian Husin, S.H ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda agar dapat berkiprah dan berkompetisi dengan SDM-SDM daerah lain maupun dengan bangsa-bangsa lain dalam rangka menghadapi era kesejagatan.
Kemudian hal ini diwujudkan dalam pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husin melalui Notaris Cahaya Hairani Djausal Zubaidi, S.H akta Nomor 4 (empat) tanggal 5 Januari 1995 berkedudukan di Kotamadya Bandarlampung jalan Teuku Umar No. 93 kelurahan Gedong Meneng kecamatan Kedaton dengan Badan Pendiri Hi. Alfian Husin, S.H, dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian, Andi Desfiandi, S.E, MA dan Meizary Alfian, S.E, MBA. Sedangkan badan pengurus adalah Meizary Alfian, S.E. MBA (ketua),firmansyah Yunialfi Alfian (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (Sekretaris I), Dian Septarina, BA(Sekretaris II) dan dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (Bendahara) dan Badang Pengawas terdiri dari Hi. Alfian Husin, SH dan Andi Desfiandi, S.E, MA.
Seiring dengan visi dan misi Yayasan dan kondisi tantangan kedepan maka berdasarkan hasil rapat yayasan diambil keputusan untuk mengubah susunan badan pengurus dan badan pengawas yang dikuatkan oleh Notaris Cahaya Hairani Djausal, SH akta No. 2 tanggal 23 Januari 1995 dengan susunan Badan Pengurus Hi. Alfian Husin, S.H (Ketua), Meizary Alfian, SE, MBA (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (sekretaris I), Dian Septarina, BA (sekretaris II), dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (bendahara).Sedangkan Badan Pengawas adalah Andi Desfiandi, SE, MBA dan Ir. Firmansyah Yunialfi Alfian. Melalui yayasan ini maka untuk pertama kalinya didirikan Lembaga Pendidikan Tanjung Karang (LPTK) dengan mendapat izin prinsip dan operasional dari DepartemenPendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung untuk menyelenggarakan kursus komputer dan program pendidikan satu tahun.
Dengan perkembangan lembaga ini (LPTK) serta pesatnya tuntutan masyarakat lampung, maka pada tanggal 5 Juni 1997 didirikanlah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang lebih dikenal dengan STMIK DARMAJAYA yang dikukuhkan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 29/D/O/1997 dengan menetapkan sebagai status terdaftar untuk program studi : Teknik Informatika (S1), Teknik Komputer (D3) dan Manajemen Informatika (D3), kemudian sesuai dengan perkembangan lampung dan tuntutan masyarakat, STMIK Darmajaya membuka kembali dua program studi yaitu : Sistem Informasi (S1) dan Sistem Komputer (S1).
Bersamaan dengan usia yang ketiga tahunnya dan terus menerusnya pengembangan bangunan gedung perkuliahan dan pengembangan sarana pendukung lainnya, maka pada tanggal 6 Juli 2000 berdiri lagi Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 101/D/0/2000 dengan menetapkan status terdaftar untuk program studi :Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Akuntansi (D3).
Darmajaya terus berbenah untuk menjadi lebih baik dalam memposisikan diri sebagai perguruan tinggi yang konsen dengan perkembangan Informatika dan Bisnis. melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 Bulan Agustus Tahun 2008, status STMIK-STIE Darmajaya berubah menjadi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya. Perubahan status ini membuktikan bahwa IBI Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika & bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat pada IBI Darmajaya.
Fakultas dan Program Pascasarjana
IBI Darmajaya mengelola 2 fakultas dan 1 program pasca sarjana dengan 5 program studi Strata 1 (S1) atau Sarjana dan 3 program studi Diploma 3.
Fakultas Ekonomi dan Binis (FEB)
  • Program Studi Ekonomi Manajemen Strata 1 (Terakreditasi B)
  • Program Studi Ekonomi Akuntansi Strata 1 (Terakreditasi B)
  • Program Studi Ekonomi Akuntansi Diploma 3 (Terakreditasi B)
Fakultas Ilmu Komputer (FIK)
  • Program Studi Teknik Informatika Strata 1 (Terakreditasi B)
  • Program Studi Sistem Informasi Strata 1 (Terakreditasi B)
  • Program Studi Manajemen Informatika Diploma 3 (Terakreditasi C)
  • Program Studi Sistem Komputer Strata 1 (Terakreditasi C)
  • Program Studi Teknik Komputer Diploma 3 (Terakreditasi B)
Program Pascasarjana
  • Pogram Studi Magister Manajemen
  • Pogram Studi Magister Teknik Informatika
Pimpinan
  • Ketua Yayasan Pendidikan Alfian Husin : dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian
  • Rektor : DR. Andi Desfiandi, S.E., M.A.
  • Staf Ahli Rektor : Envermy Vem., M.Sc.
  • Wakil Rektor bidang akademik & Riset : Envermy Vem., M.Sc.
  • Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum & Keuangan : Rony Nazar, S.E.
  • Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan : Novita Sari., S.Sos., M.M
  • Dekan Fakultas Ilmu Komputer : Envermy Vem., M.Sc.
  • Dekan Fakultas Bisnis & Ekonomi : Envermy Vem., M.Sc.
  • Direktur Pascasarjana : Prof. Dr. Bambang Soemitro., MS
Referensi
  1.  "Akreditasi S1 Management". Diakses 31 Juli 2012.
  2.  "Akreditasi S1 Akutansi". Diakses 31 Juli 2012.
  3.  "Akreditasi D3 Akuntansi". Diakses 31 Juli 2012.
  4.  "Akreditasi S1 Teknik Informatika". Diakses 31 Juli 2012.
  5.  "Akreditasi S1 Sistem Informasi". Diakses 31 Juli 2012.
  6.  "Akreditasi Program Studi Manajemen Informatika Diploma 3". Diakses 16 April 2013.
  7. "Akreditasi S1 Sistem Komputer". Diakses 31 Juli 2012.
  8.  "Akreditasi D3 Teknik Komputer". Diakses 31 Juli 2012.

DAFTAR UKM YANG ADA DI IBI  DARMAJAYA

1.UKM DCFC IBI Darmajaya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Filmmaker indie se-Sumatra dan Jawa siap-siap bersaing secara sehat dalam kompetisi film bergengsi yang digelar Institut Informatika & Bisnis (IBI) Darmajaya.

Mereka akan bersaing dalam Festival Film Indie (FFI) Darmajaya 2013 yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa bidang IPTEK Darmajaya Computer & Film Club (UKM DCFC) IBI Darmajaya.

Yang berbeda dalam pagelaran festival tahun ini adalah panitia memutuskan untuk memperluas skala peserta yang biasanya hanya terbatas untuk Pulau Sumatra. Namun, tahun 2013 juri nasional juga akan menguji karya-karya moviemaker indie dari Pulau Jawa. Untuk pendaftaran festival ini telah dibuka mulai 1 Februari 2013 hingga 12 April 2013.

Wakil Rektor III Novita Sari didampingi Kabiro Kemahasiswaan Muprihan Thaib mengaku mendukung segala kegiatan positif yang diselenggarakan organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus biru.

"Dengan adanya festival film indie ini diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme di kalangan anak muda melalui tema-tema yang mengangkat rasa kecintaan tanah air maupun pesona wisata nusantara. Terlebih, dengan penyelenggaraan festival film keenam kalinya ini membuktikan eksistensi UKM DCFC serta antuasisme tinggi yang dilihat dari bertambahnya jumlah peserta dan lingkup peserta tidak hanya pulau Sumatra tapi juga pulau Jawa,"papar Novita dalam rilis yang diterima Tribun, Jumat (1/2/2013).(*/ren) 

2. UKM Assalam IBI Darmajaya
  -
Gebyar Festival BBQ merupakan agenda dari UKM ASSALAM IBI DARMAJAYA yang mana telah di laksana pada Tanggal 15 Desember 2013.

Gebyar Festival BBQ ini juga merupakan tempat para Pratikan BBQ ( Peserta BBQ ) menunjukan bakat-bakat yang mereka miliki dan kemampuan yang di milikinya, di mana para pratikan berjuang keras dalam perlombaan yang ada di Gebyar Festival BBQ, antara lain perlombaanya :
  1. Kreatif Mading
  2. Da'i & Da'iah
  3. Qiro'ah
  4. Adzan
dari lima perlombaan di atas semua pratikan BBQ berjuang keras berlomba-lomba menunjukan kemampuan terbaiknya untuk menjadi Juara Satu ( menjadi yang terbaik dari yang baik ).

Semua Pratikan sangatlah heboh kren mantap abis, semuaya bagus hinga Juri pun binggung memutuskan mana yang terbaik dari yang baik.


Ini adalah Foto-Foto dari Pratikan yang mendapatkan Juara dan Berhasil menunjukan Kemampuanya Keahlianya untuk menjadi yang terbaik dari yang baik di acara Gebyar Festival BBQ.
 
3.UKM PSHT
 
Manusia dapat dihancurkan
Manusia dapat dimatikan
akan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan
selama manusia itu setia pada hatinya
atau ber-SH pada dirinya sendiri
Falsafah Persaudaraan Setia Hati Terate itu ternyata sampai sekarang tetap bergaung dan berhasil melambungkan PSHT sebagai sebuah organisasi yang berpangkal pada “persaudaraan” yang kekal dan abadi.
Adalah Ki Hadjar Hardjo Oetomo, lelaki kelahiran Madiun pada tahun 1890. Karena ketekunannya mengabdi pada gurunya, yakni Ki Ngabehi Soerodiwiryo, terakhir ia pun mendapatkan kasih berlebih dan berhasil menguasai hampir seluruh ilmu sang guru hingga ia berhak menyandang predikat pendekar tingkat III dalam tataran ilmu Setia Hati (SH). Itu terjadi di desa Winongo saat bangsa Belanda mencengkeramkan kuku jajahannya di Indonesia.
Sebagai seorang pendekar, Ki Hadjar Hardjo Oetomo pun berkeinginan luhur untuk mendarmakan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain. Untuk kebaikan sesama. Untuk keselamatan sesama. Untuk keselamatan dunia. Tapi jalan yang dirintis ternyata tidak semulus harapannya. Jalan itu berkelok penuh dengan aral rintangan. Terlebih saat itu jaman penjajahan. Ya, sampai Ki Hadjar sendiri terpaksa harus magang menjadi guru pada sekolah dasar di benteng Madiun, sesuai beliau menamatkan bangku sekolahnya. Tidak betah menjadi guru, Ki Hadjar beralih profesi sebagai Leerling Reambate di SS (PJKA/Kereta Api Indonesia saat ini – red) Bondowoso, Panarukan, dan Tapen.
Memasuki tahun 1906 terdorong oleh semangat pemberontakannya terhadap Negara Belanda – karena atasan beliau saat itu banyak yang asli Belanda -, Ki Hadjar keluar lagi dan melamar jadi mantri di pasar Spoor Madiun. Empat bulan berikutnya ia ditempatkan di Mlilir dan berhasil diangkat menjadi Ajund Opsioner pasar Mlilir, Dolopo, Uteran dan Pagotan.
Tapi lagi-lagi Ki Hadjar didera oleh semangat berontakannya. Menginjak tahun 1916 ia beralih profesi lagi dan bekerja di Pabrik gula Rejo Agung Madiun. Disinipun Ki Hadjar hanya betah untuk sementara waktu. Tahun 1917 ia keluar lagi dan bekerja di rumah gadai, hingga beliau bertemu dengan seorang tetua dari Tuban yang kemudian memberi pekerjaan kepadanya di stasion Madiun sebagai pekerja harian.
Dalam catatan acak yang berhasil dihimpun, di tempat barunya ini Ki Hadjar berhasil mendirikan perkumpulan “Harta Jaya” semacam perkumpulan koperasi guna melindungi kaumnya dari tindasan lintah darat. Tidak lama kemudian ketika VSTP (Persatuan Pegawai Kereta Api) lahir, nasib membawanya ke arah keberuntungan dan beliau diangkat menjadi Hoof Komisaris Madiun.
Senada dengan kedudukan yang disandangnya, kehidupannya pun bertambah membaik. Waktunya tidak sesempit seperti dulu-dulu lagi, saat beliau belum mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Dalam kesenggangan waktu yang dimiliki, Ki Hadjar berusaha menambah ilmunya dan nyantrik pada Ki Ngabehi Soerodiwiryo.
Data yang cukup bisa dipertanggungjawabkan menyebutkan dalam tahun-tahun inilah Setia Hati (SH) mulai disebut-sebut untuk mengganti nama dari sebuah perkumpulan silat yang semula bernama “Djojo Gendilo Cipto Mulyo”.

4. UKM HIMKRIS DARMAJAYA.

UKM Himkris Adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat perhimpunan mahasiswa-mahasiswa IBI Darmajaya yang beragama kristiani.
Keunggulannya :1. Memperkuat tali persaudaraan umat kristiani.

2. Menyebarluaskan ajaran-ajaran ke umat kristiani.

3. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa religi.

4. Memperkuat umat kristiani agar mengikuti ibadah yang telah ditentukan dan bertindak sesuai dengan firman tuhan.

5. Sebagai suatu sarana untuk memperdalam wawasan khususnya di bidang keagamaan.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar